Monday, May 13, 2013

Penilaian Media Pembelajaran


PENILAIAN MEDIA PEMBELAJARAN


A.  Tujuan Dan Jenis Penilaian Media Pembelajaran
1.     Tujuan penilaian media pembelajaran
Kekuatan dan kelemahan media pembelajaran akan diketahui setelah melakukan evaluasi. Hasil evaluasi akan menunjukan apa yang harus diperbaiki sehingga akhirnya tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Tujuan evaluasi media:
  1. Memilih media pendidikan yang akan digunakan di kelas
  2. Untuk melihat prosedur suatu alat
  3. Untuk memeriksa apakah tujuan penggunaan alat tersebut sudah tercapai
  4. Menilai kemampuan guru dalam menggunakan media pendidikan
  5. Memberi informasi untuk kepentingan administrasi
 
2.     Jenis evaluasi media pembelajaran
Berdasarkan objek yang dievaluasi maka evaluasi media pembelajaran terkait dengan evaluasi fungsi media, evaluasi penggunaan media oleh guru, dan evaluasi pengelolaan. Berdasarkan prosesnya, evaluasi media terdiri dari evaluasi formatif dan sumatif.
 
B.  Prosedur/ Tahapan-Tahapan Evaluasi Media Pembelajaran
1.     Evaluasi satu lawan satu

Dilaksanakan dengan memilih dua orang atau lebih siswa yang dapat mewakili populasi target dari media yang dibuat. Prosedurnya:
a.       Jelaskan pada siswa bahwa anda sedang menguji suatu media baru dan anda ingin mengetahui reaksi mereka terhadap media yang anda buat
b.      Sampaikan pada mereka, jika nanti ada kesalahan itu karena kekurangan dari media, bukan kesalahan mereka
c.       Usahakan mereka bersikap relaks
d.      Berikan tes awal untuk mengetahui sejauh mana kemampuan mereka
e.       Sajikan media dan cata berapa lama waktu yang dibutuhkan siswa untuk mempelajari media tersebut
f.       Berikan tes untuk mengukur keberhasilan mereka
g.      Analisis informasi yang terkumpul

2.     Evaluasi kelompok kecil

Dapat dicobakan pada 10-20 orang siswa untuk mewakili populasi satu sekolah. Siswa yang dipilih hendaknya mewakili karakteristik populasi. Prosedurnya:
a.       Jelaskan bahwa media dalam tahap formatif dan perlu umpan balik untuk menyempurnakannya
b.      Berikan tes awal untuk mengetahui sejauh mana kemampuan mereka
c.       Minta siswa untuk mempelajari media itu
d.      Catat waktu yang dibutuhkan dan berikan tes untuk mengetahui hasilnya
 
3.     Evaluasi lapangan

Ini adalah tahap akhir dari evaluasi formatif yang perlu dilakukan. Usahakan memperoleh situasi yang mirip dengan sebenarnya. Pilih sekitar 30 orang siswa dengan berbagai karakteristik dan sesuai dengan karakteristik populasi sasaran.
Prosedurnya:

a.       Pilih 30 siswa yang benar-benar mewakili karakteristik populasi sasaran
b.      Jelaskan pada mereka maksud dan tujuan tes tersebut
c.       Berikan tes awal untuk mengetahui sejauh mana kemampuan mereka
d.      Sajikan media pada mereka
e.       Catat semua respon yang muncul dari siswa
f.       Berikan kuesioner untuk mengetahui pendapat mereka
g.      Analisis data yang diperoleh
h.      Atas dasar itu media diperbaiki dan makin disempurnakan


No comments:

Post a Comment