A.
Tujuan Dan Jenis Penilaian Media Pembelajaran
1. Tujuan penilaian media pembelajaran
Kekuatan dan kelemahan media pembelajaran akan diketahui
setelah melakukan evaluasi. Hasil evaluasi akan menunjukan apa yang harus
diperbaiki sehingga akhirnya tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Tujuan evaluasi media:
- Memilih media pendidikan yang akan digunakan di kelas
- Untuk melihat prosedur suatu alat
- Untuk memeriksa apakah tujuan penggunaan alat tersebut sudah tercapai
- Menilai kemampuan guru dalam menggunakan media pendidikan
- Memberi informasi untuk kepentingan administrasi
2. Jenis evaluasi media pembelajaran
Berdasarkan objek yang dievaluasi maka evaluasi media
pembelajaran terkait dengan evaluasi fungsi media, evaluasi penggunaan media
oleh guru, dan evaluasi pengelolaan. Berdasarkan prosesnya, evaluasi media
terdiri dari evaluasi formatif dan sumatif.
B.
Prosedur/ Tahapan-Tahapan Evaluasi Media Pembelajaran
Dilaksanakan dengan memilih dua orang atau lebih siswa yang
dapat mewakili populasi target dari media yang dibuat. Prosedurnya:
a. Jelaskan pada siswa bahwa anda
sedang menguji suatu media baru dan anda ingin mengetahui reaksi mereka
terhadap media yang anda buat
b. Sampaikan pada mereka, jika nanti
ada kesalahan itu karena kekurangan dari media, bukan kesalahan mereka
c. Usahakan mereka bersikap relaks
d. Berikan tes awal untuk mengetahui
sejauh mana kemampuan mereka
e. Sajikan media dan cata berapa lama
waktu yang dibutuhkan siswa untuk mempelajari media tersebut
f. Berikan tes untuk mengukur
keberhasilan mereka
g. Analisis informasi yang terkumpul
Dapat dicobakan pada 10-20 orang siswa untuk mewakili
populasi satu sekolah. Siswa yang dipilih hendaknya mewakili karakteristik
populasi. Prosedurnya:
a. Jelaskan bahwa media dalam tahap
formatif dan perlu umpan balik untuk menyempurnakannya
b. Berikan tes awal untuk mengetahui
sejauh mana kemampuan mereka
c. Minta siswa untuk mempelajari media
itu
d. Catat waktu yang dibutuhkan dan
berikan tes untuk mengetahui hasilnya
Ini adalah tahap akhir dari evaluasi formatif yang perlu
dilakukan. Usahakan memperoleh situasi yang mirip dengan sebenarnya. Pilih
sekitar 30 orang siswa dengan berbagai karakteristik dan sesuai dengan
karakteristik populasi sasaran.
Prosedurnya:
a. Pilih 30 siswa yang benar-benar
mewakili karakteristik populasi sasaran
b. Jelaskan pada mereka maksud dan
tujuan tes tersebut
c. Berikan tes awal untuk mengetahui
sejauh mana kemampuan mereka
d. Sajikan media pada mereka
e. Catat semua respon yang muncul dari
siswa
f. Berikan kuesioner untuk mengetahui
pendapat mereka
g. Analisis data yang diperoleh
h. Atas dasar itu media diperbaiki dan
makin disempurnakan
No comments:
Post a Comment