TEKNIK PEMBUATAN MEDIA BERBASIS
KOMPUTER
Pendekatan pembelajaran yang berbasis Information and
Communication Technology atau ICT salah satunya adalah melalui sistem modul
interaktif berbasis komputer. Modul ini memberi kesempatan pada siswa untuk
belajar secara mandiri sesuai dengan percepatran pembelajaran masing-masing.
Modul sebagai alat atau sarana pembelajaran yang berisi
meteri, metode, batasan-batasan dan cara evaluasi yang dirancang sistematis dan
menarik sehingga mencapai kompetensi yang diharapkan. Modul manual seringkali
tidak dapat memenuhi kebutuhan peserta diklat agar mencapai kompetensi belajar
secara efektif dan efisien.
Modul multimedia interaktif merupakan sarana pembelajaran
yang berisi meteri, metode, batasan-batasan dan cara evaluasi yang dirancang
sistematis dan menarik untuk mencapai kompetensi sesuai tingkat
kompleksitasnya.
Pembelajaran berbasis ICT dapat mengatasi masalah sbb:
- Keterbatasan waktu
- Kurang tersedianya jawaban dan komentar yang jelas dari guru karena banyaknya murid yang mengajukan pertanyaan secara individual
- Tidak tersedianya bantuan secara langsung dari guru terhadap permasalahan siswa terkait materi pelajaran
- Meminimalisir penjiplakan yang dilakukan siswa saat menjawab permasalahan secara individual
- Menjembatani keterbatasan guru sebagai pengajar
A.
Karakteristik Multimedia Interaktif
1. Self instructional
Melalui modul, peserta diklat dapat belajar sendiri
2. Self contained
Seluruh materi pempelajaran dari satu kompetensi terdapat
dalam satu modul secara utuh
3. Stand alone
Modul yang dikembangkan tidak tergantung pada bahan ajar
lain atau tidak harus digunakan bersama-sama bahan ajar lain
4. Adaptif
Modul hendaknya punya daya adaptif tinggi terhadap ilmu dan
teknologi
5. User friendly
Modul hendaknya akrab dengan pemakainya
6. Representasi isi
Materi
betul-betul representatif untuk dijadikan bahan pembelajaran interaktif
7. Visualisasi dengan multimedia
Materi
dikemas dengan multimedia di dalamnya terdapat video, animasi, suara, teks dan
gambar
8. Menggunakan variasi yang menarik
Tampilan
berupa template dibuat dengan teknologi rekayasa digital
9. Tipe pembelajaran
Mencakup
pembelajaran tutorial, simulasi, permainan dan latihan
10. Respon pembelajaran dan penguatan
Pembelajaran interaktif berbasis web memberikan respon
terhadap stimulus yang diberikan siswa saat mengoperasikan program
11. Dapat digunakan secara klasikal dan
individual
Dapat digunakan oleh siswa secara individual
B.
Keunggulan Multimedia Interaktif
1. Daya coba tinggi dan latihan
2. Menumbuhkan kreatifitas siswa
3. Visualisasi informasi
4. Mengatasi keterbatasan ruang dan
waktu
5. Ada stimulus-respon
6. Meningkatkan motivasi belajar
peserta diklat
7. Visualisasi relevan dengan materi
8. Unsure visual dan audio lebih
dominan daripada teks
9. Kemasan modul multimedia interaktif
C.
Tim Pengembang Multimedia Interaktif
1. Ahli substansi
2. Ahli media instruksional
3. Ahli metode instruksional
4. Ahli computer grafis
5. Ahli pemrogram computer
No comments:
Post a Comment