Fungsi Media Pembelajaran, Fungsi
media dalam kegiatan pembelajaran merupakan bagian yang sangat menentukan
efektifitas dan efisiensi pencapaian tujuan pembelajaran. Secara keseluruhan
menurut, McKnow ( Sihkabuden, 2005:19 ) media terdiri dari 4 fungsi yaitu :
1. Mengubah titik berat pendidikan formal, yang artinya
dengan media pembelajaran yang sebelumnya abstrak menjadi kongkret,
pembelajaran yang sebelumnya teoritis menjadi fungsional praktis.
2. Membangkitkan motivasi belajar
3. Memperjelas penyajian pesan dan
informasi.
Fungsi
media, khususnya media visual juga dikemukakan oleh Levie dan Lentz, seperti
yang dikutip oleh Arsyad (2002) bahwa media tersebut memiliki empat fungsi
yaitu:
1. Fungsi atensi
Dalam fungsi
atensi, media visual dapat menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk
berkonsentrasi kepada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna visual yang
ditampilkan dalam menyertai materi pelajaran.
2. Fungsi afektif
Fungsi
afektif dari media visual dapat diamati dari tingkat “kenikmatan” siswa ketika
belajar (membaca) teks bergambar. Dalam hal ini gambar atau simbul visual dapat
menggugah emosi dan sikap siswa. Misalnya informasi yang menyangkut sosial atau
ras.
3. Fungsi kognitif
Fungsi
kognitif, media visual melalui gambar atau lambang visual dapat mempercepat
pencapaian tujuan pembelajaran untuk memahami dan mengingat pesan/informasi
yang terkandung dalam gambar atau lambang visual tersebut.
4. Fungsi kompensatoris.
Fungsi kompensatoris media
pembelajaran adalah memberikan konteks kepada siswa yang kemampuannya lemah
dalam mengorganisasikan dan mengingat kembali informasi dalam teks.
Dengan kata lain bahwa media
pembelajaran ini berfungsi untuk mengakomodasi siswa yang lemah dan lambat
dalam menerima dan memahami isi pelajaran yang disajikan dalam bentuk teks
(disampaikan secara verbal).
Rowntree ( Sihkabuden, 2005: 19)
mengemukakan enam fungsi media, yaitu:
1. Membangkitkan motivasi belajar
2. Mengulang apa yang telah dipelajari
3. Menyediakan stimulus belajar
4. Mengaktifkan respon murid
5. Memberikan umpan balik dengan segera
Dalam
Sadiman ( 2005:17) secara umum media pendidikan mempunyai fungsi sebagai berkut
:
1. Memperjelas penyajian pesan agar
tidak terlalu bersifat verbal
2. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu
dan daya indera.
3. Penggunaan media pendidikan secara
tepat dan bervariasi dapat mengatasi sikap pasif anak didik.
4. Dengan sifat yang unik pada setiap
siswa ditambah lagi dengan lingkungan dan pengalaman yang berbeda, sedangkan
kurikulum dan materi pendidikan ditentukan sama untuk setiap siswa, maka guru
banyak mengalami kesulitan bilamana semua itu harus diatasi sendiri. Hal ini
akan lebih sulit bila latar brlakang lingkungan guru dengan siswa berbeda.
Masalah ini dapat diatasi dengan media pendidikan, yaitu dengan kemampuannya
dalam :
- Memberikan perangasangan yang sama
- Mempersamakan pengalaman
- Menimbulkan persepsi yang sama
Dari
beberapa pendapat tersebut dapat disimpulkan fungsi media dalam pembelajaran
secara rinci adalah sebagai berikut:
1. Memperjelas penyajian materi (pesan)
dalam bentuk visualisasi yang jelas sehingga pesan tidak terlalu bersifat
verbalistis.
2. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu
dan daya indera.
3. Menjadikan pengalaman manusia dari
abstrak menjadi kongkret
4. Memberikan stimulus dan rangsangan
kepada siswa untuk belajar secara aktif
5. Dapat meningkatkan motivasi siswa
sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar.
Dengan memanfaatkan kelima fungsi di
atas diharapkan kita dapat mengoptimalkan fungsi dari media dan mendapatkan
efektivitas pemanfaatan media pada proses pembelajaran
No comments:
Post a Comment