TEKNIK MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN
A.
Teknik Penggunaan Media Pembelajaran
Penggunaan media berdasarkan tempat:
- Penggunaan media di kelas
a.
Penggunaan
media tidak terprogram
- Penggunaan kaset pelajaran bahasa inggris
- Penggunaan siaran radio untuk pendidikan
b.
Penggunaan
media secara terprogram
- Penggunaan radio di SLTP terbuka
- Penggunaan E-learning di beberapa sekolah di Indonesia
c.
Variasi
penggunaan media
- Media dapat digunakan secara perorangan
- Media dapat digunakan secara berkelompok
- Media dapat digunakan secara masal
B.
Penggunaan Media Grafis
Bagan adalah kombinasi media grafis, gambar dan fotoyang dirancang untuk memvisualisasikan secara logis dan teratur tentang pokok bahasan/ ide. Kegunaan bagan adalah untuk menunjukan hubungan, keterkaitan, dan proses tertentu.
a. Jenis-jenis bagan
- Bagan pohon: visualisasinya menggambarkan proses dari bawah menuju ke atas (akar ke batang)
- Bagan alir: menunjukan bagaimana unsur penting dikombinasikan hingga membentuk satu produk
- Bagan arus: mempertunjukan fungsi, hubungan dan proses
- Bagan tabel: penyajian data dalam bentuk tabel
b. Cara menggunakan bagan dalam
pembelajaran
- Pemilihan jenis bagan
- Mempersiapkan ruang kelas
- Mempersiapkan siswa
- Mempersiapkan pertanyaan dan penugasan yang mengaktifkan siswa
- Penggunaan bagan saat pembelajaran langsung
Grafik dapat diartikan sebagai media yang mempresentasikan
data dalam bentuk angka. Tujuan pembuatan grafik adalah menunjukan
perbandingan, informasi kualitatif dengan cepat dan sederhana.
a. Jenis-jenis grafik
- Grafik garis: melukiskan kecenderungan atau menghubungkan dua ringkasan data
- Grafik batang: panjangnya melambangkan prosentase data dan lebarnya berukuran sama
- Grafik lingkaran: visualisasi yang dibuat dalam bentuk lingkaran
b. Penggunaan grafik dalam pembelajaran
Grafik divisualisasikan dengan bantuan objek berbentuk
garis, batang dan gambar. Menampilkan pesan dalam bentuk seperti ini akan lebih
mudah dipahami oleh siswa. Grafik paling baik digunakan dalam pembelajaran
adalah berupa ringkasan pelajaran setelah siswa memperoleh informasi lain dari
berbagai sumber.
Komik dapat didefenisikan sebagai bentuk kartun yang mengungkapkan karakter dan menerapkan suatu cerita dalam urutan yang erat hubungannya dengan gambar yang dirancang untuk member hiburan pada pembaca. Karena kesukaan masyarakat pada komik terutama anak-anak maka itu menjadi inspirasi untuk membuat komik pendidikan. Anak yang gemar membaca komik minimal satu buku per bulan, sama halnya dengan membaca satu buku pelajaran dalam setiap tahunnya.
Kelebihan komik adalah penyajiannya yang mengandung unsure
visual dan cerita yang kuat. Komik pelajaran diharapkan dapt meningkatkan minat
belajar siswa sehingga akhirnya mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Poster mampu mempengaruhi perilaku, sikap dan tata nilai masyarakat untuk berubah atau melakukan sesuatu karena kekuatan poster adalah lebih ditonjolkannya kekuatan visual dan warna.
Kegunaan poster:
- Memotivasi siswa
- Peringatan terhadap suatu hal
- Pengalaman kreatif (membuat karangan atau mencari ide dari poster yang dipajang)
Penggunaan poster dalam
pembelajaran:
- Sebagai bagian dari kegiatan belajar mengajar
- Digunakan diluar jam pelajaran yang bertujuan memotivasi siswa, sebagai peringatan dan ajakan untuk melakukan sesuatu yang positif
C.
Penggunaan Media Elektronik
1. OHP
2. Media audio
3. Multimedia projector
No comments:
Post a Comment