Monday, May 6, 2013

Taman Bareti UPI

TAMAN BARETI UPI



Taman adalah sebuah areal / tempat menyusun, menata berbagai macam tanaman dengan menggunakan berbagai macam media tanam serta elemen-elemen tambahan dan juga wadah yang digunakan agar terlihat keindahannya, kenyamanannya dan kesejukannya di dalam dan di luar ruangan.
  Taman dijumpai sebagai taman rumah tinggal, taman lingkungan, taman bermain, taman perkantoran, taman kota, taman sekolah, taman wisata, dan lain-lain.
  Kehadiran taman dapat menjadi hal yang penting terutama di tengah issue pemanasan global. Taman dapat membantu mengurangi polusi udara, mengurangi panas dan meningkatkan persediaan okigen

Taman Bareti UPI terdiri dari :
Pedestrian
Pohon
Pergola
Kolam
Bangku taman
Rumput
Lampu taman
Air mancur
Drainase taman


 PEDESTRIAN

 Pedestrian berasal dari kata pedos (bahasa Yunani) yang berarti kaki sehingga pedestrian dapat diartikan sebagai jalur pejalan kaki (KBBI) atau jalur orang yang berjalan kaki. Dan salah satu definisi pedestrian (menurut anonim) yaitu jalur orang yang dominan menggunakan kaki (berjalan) dan atau salah satu bagian tubuh (salah satu contoh dengan tangan bagi orang yang tidak memiliki kaki) untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain dan tidak menggunakan kendaraan pribadi.


POHON

  Pohon atau juga pokok ialah tumbuhan yang berkayu dan terbagi menjadi dua kelompok tumbuhan :
  Pertama kelompok pohon berakar tunjang (dikotil) terdiri dari batang pohon merupakan batang utama yang tumbuh tegak tajuk pohon, akar dan akar tunjang berfungsi untuk memperkokoh berdirinya pohon.
  Kedua kelompok pohon berakar serabut (monokotil) terdiri dari pohon, akar, pelepah dan daun, pohon berakar serabut tidak bercabang contoh pohon kelapa.
  Pohon dibedakan dari semak, Semak juga memiliki batang berkayu, dan bentuknya jauh lebih kecil dibanding dengan bentuk pohon. Contohnya, pohon pisang dan bunga mawar.


PERGOLA
  Kata pergola berasal dari bahasa Italia, pergere , yang artinya berjalan atau melanjutkan, yang diwujudkan sebagai lorong panjang tembus pandang. “Pergola berfungsi sebagai peneduh dengan ditumbuhi tanaman rambatan. Pergola biasa dibuat sebagai pelengkap dan pelindung dari panas matahari dengan menggunakan tanaman rambat untuk mengurangi panas. Meski tidak selalu ada, pergola memang identik dengan kehadiran tanaman hias, khususnya yang merambat.
  Fungsi utama pergola menurut Probo, adalah memberikan bayangan yang teduh. Tujuannya untuk meneduhkan area berjalan atau area duduk outdoor.

KOLAM
  Kolam merupakan lahan yang dibuat untuk menampung air dalam jumlah tertentu sehingga dapat digunakan untuk pemeliharaan ikan dan atau hewan air lainnya. Berdasarkan pengertian teknis (Susanto, 1992), kolam merupakan suatu perairan buatan yang luasnya terbatas dan sengaja dibuat manusia agar mudah dikelola dalam hal pengaturan air, jenis hewan budidaya dan target produksinya. Kolam selain sebagai media hidup ikan juga harus dapat berfugsi sebagai sumber makanan alami bagi ikan, artinya kolam harus berpotensi untuk dapat menumbuhkan makanan alami.

BANGKU TAMAN
  Bangku taman merupakan bangku yang berada ditaman. Bangku taman memang memiliki dua fungsi, selain sebagai hiasan pelengkap taman. Fungsi utamanya sebagai alas duduk tidak bisa diabaikan begitu saja.  Sehingga dari dahulu hingga sekarang, bangku taman tetap dicari.
  Beberapa kursi taman terbuat dari besi tempa berukir. Adapun yang hanya berupa tembok yang dibentuk seperti bangku dan dicat ala kadarnya saja, seperti bangku taman yang berada ditaman isola upi ini. Bagi para pecinta seni, bangku taman dapat dibentuk beraneka rupa oleh mereka. Namun bagi pebisnis, bangku taman dapat menjadi peluang pasar yang menjanjikan.

RUMPUT
   Rumput merupakan tumbuhan jenis ilalang yang berbatang kecil, banyak jenisnya, batangnya beruas, daunnya sempit panjang. Bunganya berbentuk bulir dan buahnya berupa biji-bijian, seperti bambu, benggala, betung, ilalang, dan lain-lain.

LAMPU TAMAN
   Lampu taman adalah salah satu elemen penting didalam menciptakan suasana taman yang asri, indah dan sejuk. Lampu bukan hanya sarana penerangan namun sudah berkembang menjadi penambah nilai estetika.
   Beragam bentuk dan model dapat dipilih sesuai kebutuhan. Apalagi dijaman modern seperti sekarang ini banyak sekali lampu-lampu hias beraneka ragam bentuk yang bisa menerangi taman di malam hari. Menikmati taman dimalam hari akan memberikan suasana berbeda apalagi dengan banyaknya titik-titik lampu sehingga sorot lampu akan membuat bentuk cahaya yang unik sehingga suasana sekitar taman menjadi lebih nyaman dan indah.

AIR MANCUR
   Fungsi air mancur (water feature) di taman bukan hanya sebatas pemanisAkeseoris taman ini ternyata memiliki manfaat yang tidak jauh berbeda dengan tanaman.  Water feature bisa difungsikan sebagai filter udaraKeberadannya bisa menyaring beragam zat pencemar dan beracun yang bergentayangan di udara.
  Agar terlihat unik dan cantik, Airmancur bisa digabungkan dengan kolam atau taman air.  Berbagai gas beracun dan polutan yang terlah tercampur dalam air bisa dimanfaatkan dan diserap oleh tanaman air.  Dalam proses fotosintenya, tumbuhan mengolahnya sebagai bahan nutrisi yang penuh manfaat

DRAINASE TAMAN
  Untuk menjaga dan mempertahankan vegetasi dan tanaman untuk tumbuh terus, yang tepat Air atau Irigasi metode perlu diadopsi. Ada varietas dari sistem irigasi untuk tugas Penyiraman efektif. Selalu lebih memilih sistem irigasi mereka yang membuat penggunaan air sesedikit mungkin. Bukan karena air sangat berharga dan satu tidak bisa mendapatkannya terbuang, tapi karena hanya jumlah yang tepat dari distribusi air manfaat perkebunan Anda. Penyerapan air terlalu banyak dapat membahayakan mereka dan terlalu penyiraman sedikit juga dapat membawa kekurangan gizi.


 
 
 

 

 
 
 
 
 


 
 






 
 

No comments:

Post a Comment