Monday, May 6, 2013

Klasifikasi Media Pembelajaran


KLASIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN

 

A.    PENGELOMPOKAN MEDIA PEMBELAJARAN 
1. Menurut bentuk informasi yang digunakan, kita dapat memisahkan dan mengklasifikasi media menjadi 5 kelompok besar yaitu:
  • Media visual diam Media visual gerak
  • Media audio
  • Media audio visual diam 
  • Media audio visual gerak 
2. Berdasarkan bentuk penyajian dan cara penyajiannya, dibedakan atas 7 klasifikasi:
  • Kelompok kesatu (grafis, bahan cetak, gambar diam)
  • Kelompok kedua (media proyeksi diam)
  • Kelompok ketiga (media audio)
  • Kelompok keempat (media audio visual diam)
B.    KELOMPOK MEDIA
a. Media Grafis
  • Grafik (penyajian data berangka melelui perpaduan angka, garis dan simbol) 
  • Diagram (gambaran sederhana untuk memperlihatkan hubungan timbale balik berupa garis dan simbol)
  • Bagan (perpaduan sajian kata-kata, garis, symbol yang merupakan ringkasan dari suatu proses)
  • Sketsa (gambaran sederhana yang melukiskan bagian pokok dari bentuk gambar)
  • Poster (sajian komunikasi visual yang jelas, menyolok dan menarik dalam penyampaian informasi)
  • Papan flannel (papan berlapis kain flannel untuk menyajikan gambar yang mudah ditempel dan dilepas) 
  • Bulletin board (papan biasa tanpa dilapisi kain flanel)  
b. Media Bahan Cetak
  • Buku teks (buku tentang suatu bidang studi atau ilmu tertentu)
  • Modul (suatu paket program yang disusun dalam bentuk tertentu)
  • Bahan pengajaran terprogram (hamper sama dengan modul tapi disusun dengan topic-topik kecil)
c. Media Gambar Diam
Yaitu media visual berupa gambar yang dihasilkan melalui proses fotografi.

Kelemahan:
  • Ukurannya terbatas, tidak efektif untuk kelompok besar
  • Perbandingan objek yang kurang tepat akan menimbulkan salah persepsi
Kelebihan:
  • Disbanding media grafis, foto lebih konkret
  • Menunjukan perbandingan yang tepat dari objek yang sebenarnya
  • Pembuatannya mudah dan harganya murah
d. Media Ohp Dan Oht
OHT adalah media visual yang diproyeksikan melaluialat proyeksi yang disebut OHP.

Kelebihan:
  • Dapat digunakan pada smua ukuran ruangan kelas
  • Menarik jika diberi warna
  • Menjaga tatap muka dengan siswa
  • Tak perlu operator khusus
Kekurangan:
  • Perencanaan pembuatan dan penyajian harus matang
  • OHT dan OHP adakah bagian yang tak terpisahkan
  • Urutan OHT mudah kacau karena merupakan urutan lepas
e. Media Opaque Projektor
Adalah media yang digunakan untuk memproyeksikan benda yang tak tembus pandang seperti buku, bola, dll. Kelebihan dan kekurangan media ini hamper mirip OHT dan OHP.

f. Media Slide
Adalah media visual yang diproyeksikan dengan alat yang disebut proyektor slide.

Kelebihan:
  • Membantu menimbulkan ingatan yang kuat pada pesan yang disampaikan
  • Merangsang minat dan perhatian siswa
  • Mudah direvisi
  • Penyimpanannya mudah
Kekurangan:
  • Perlu penggelapan ruangan untuk memproyeksikannya
  • Pembuatannya memerlukan waktu cukup lama
  • Perlu biaya yang besar
  • Hanya menyajikan gambar diam
g. Media Filmstrip
Media visual proyeksi diam, pada dasarnya sama dengan media slide. Hanya saja filmstrip berupa beberapa film yang saling bersambung satu sama lain.

h. Media Radio
Media audio yang penyampaian pesannya dilakukan dengan pancaran gelombang elektromagnetik dari suatu pemancar.

Kelebihan:
  • Variasi program cukup banyak
  • Sifatnya mobile
  • Baik untuk mengembangkan imajinasi siswa
  • Lebih memusatkan perhatian siswa pada kata
  • Harganya relative murah
Kekurangan:
  • Komunikasi satu arah
  • Jika siaran monoton akan membosankan
  • Program siaran tak dapat diulang-ulang
i. Media Perekam Pita Magnetik
Media yang menyajikan pesannya melalui proses perekaman kaset audio.

Kelebihan:
  • Dapat diputar berulang-ulang
  • Rekaman dapat dihapus dan diulang rekam kembali
  • Mengembangkan daya imajinasi siswa
  • Efektif untuk pelajaran bahasa
  • Penggandaan programnya mudah
Kelemahan:
  • Daya jangkauan terbatas
  • Biaya penggandaan alatnya lebih mahal
j. Media Audio Visual Diam
Media yang penyampaian pesannya dapat diterima oleh idera pendengaran dan penglihatan tapi gambar yang disajikan memiliki sedikit unsure gerak atau diam.

k. Media Film
Serangkaian gambar diam yang meluncur secara cepat dan diproyeksikan sehingga menimbulkan kesan hidup dan gerak.

l. Media Televisi
Media yang menampilkan pesan audiovisual dan gerak (sama dengan film).

m. Multi Media
Sistem penyampaian dengan menggunakan berbagai jenis bahan belajar yang berbentuk paket.

n. Media Objek
Media tiga dimensi yang menyampaikan sesuatu melalui ciri fisik objek tersebut sepertu bentuk, berat, warna serta ukuran benda.

o. Media Interaktif
Siswa tidak hanya memperhatikan objek tapi juga dituntut berinteraksi selama mengikuti pembelajaran.
  p/
p. Media Audiotape
 
Kelebihan-kelebihan Audiotape
  • Baik untuk siswa yang sedang belajar mendengar.
  • pengisi waktu saat menunggu
  • mendengar sambil melakukan mobilitas (kegiatan lain)
  • merupakan alternatif bagi yang tidak senang membaca atau yang mempunyai kesulitan membaca
  • pendengar dapat me-review-nya sambil menunggu atau melakukan atau melakukan kegiatan lain.
Kelemahan Audiotape
  • Kaset buku ini kaku (kurang fleksibel), sebab harus tergantung dengan komponen lain yaitu adanya tape dan alira listrik
  • tidak memungkinkan melakukan penjelajahan terhadap isi buku terlebih dahulu
  • bila ingin menvermati kembali isi buku, harus me-review-nya kembali sampai menemukan yang dimaksdukan, baru kemudian memutarnya kembali
  • hal-hal penting tidak bisa digarisbawahi atau diberi tanda khusus.
  • tidak ada grafik, diagram, atau gambar sebagai bahan klarifikasi.
Optimalisasi Audiotape
  • Matikan tape dan ulangi hal-hal yang perlu dihafalkan
  • buatlah catatan selama atau setelah selesai mendengarkan
  • dengarkan hal-hal oenting atau hal-hal yang sulit beberapa kali.
  • kalau ada buku manualnya, lihat dan cermatilah terlebih dahulu sebelum mendengarkan kaset.
q. Media Video dan Videotape
 
Kelebihan Videotape
  • baik untuk semua yang sedang belajar mendengar dan melihat
  • bisa menampilkan gambar, grafik atau diagram
  • bisa dipergunakan di rumah, di luar kelas maupun dalam perjalanan dalam kendaraan
  • bisa diperlambat dan diulang
  • dapat dipergunakan tidak hanya untuk satu orang
  • dapat dipergunakan untuk memberikan umpan balik
Kelemahan Videotape
  • Sering dianggap sebagai hiburan TV
  • kegiatan melihat videotape adalah kegiatan pasif
  • menggunakan video berarti memerlukan dua unit alat, yaitu videotape dan monitor TV
  • dibandingkan dengan kaset recorder, harganya relatif lebih mahal
  • pemirsa tidak bisa melihat secara cepat bagian-bagian yang sudah tayangan yang sudah terlewatkan
Optimalisasi Videotape
  • Kualitas videotape sangat variatif, pilihlah yang menghasilkan gambar dan suara yang jelas
  • Jengan mempergunakan waktu dengan melihat video yang tidak sesuai dengan yang diinginkan
  • Anggaplah melihat video seperti dalam proses pembelajaran di kelas dengan membuat catatan, menjawab pertanyaan-pertanyaan.
  • Terlibat secara aktif
  •  Lengkapilah dengan buku petunjuk dan buku-buku latihan
  • Cermatilah semua buku yang menyertai videotape
  • Janganlah menjadi penonton yang pasif
  • Beristirahatlah ketika anda mulai kehilangan konsentrasi
  • Jangan ragu-ragu bertanya kepada guru atau instruktur, apabila ada sesuatu yang kurang jelas.
r. Media Computer Based Training (CBT)
 
Kelebihan Computer Based Training (CBT)
  • Tampilanya bisa menghasilkan kombinasi antara tulisan (teks), suara (audio), gambar (video), serta animasi.
  • Dapat mengakses informasi secara instan dari manapun yang dicakup dari compact dist tersebut.
  • Menghasilkan gambar yang lebih jelas.
  • Program dan sistem computer based training (CBT) yang lebih canggih lebih memungkinkan pembelajaran mengakses lebih banyak, bukan hanya satu macam pilihan seperti pada audiotape atau videotape;
  • Menyediakan fasilitas akses informasi yang lebih banyak.
  • Dapat disesuaikan dengan motivasi, kemampuan dan kecepatan pembelajaran.
  • Sebagai guru yang sabar
  • Mengurangi kekhawatiran pembelajaran jika kurang paham.
Kelemahan Computer Based Training (CBT)
  • Kelemahan mendasar dari penggunaan program ini adalah tidak adanya iteraksi antarmanusia.
  • Memerlukan biaya mahal.
Optimalisasi Computer Based Training (CBT)
  • Kemahiran mengopersikan peralatan komputer merupakan syarat utama.
  • Bila ingin mengoperasikan, perhatikan terlebih dahulu mekanismenya.
s. Media Pelatihan Berbasis Web
 
Kelebihan Web Based Training (WBT)
  • Mengkombinasikan kelebihan video, kecepatan komputer, dan akses internet
  • Mekanisme kerja program ini mampu menyesuaikan dengan semua gaya belajar.
  • Memungkinkan bagi pembelajar untuk aktif berpartisipasi.
  • Memungkinkan akses ke materi/subyek yang diinginkan bagi banyak sekali pembelajar di tempat yang berbeda.
  • Pembelajar dapat berhubungan dengan guru/instruktur, demikian sebaliknya dimanapun mereka berada.
Kelemahan Web Based Training (WBT)
  • Tidak terjadi temu muka antara guru/instruktur dengan pembelajar.
  • Perlu biaya mahal untuk melengkapi peralatan.
Optimalisasi Web Based Training (WBT)
  • Kemahiran pembelajar mengoperasikan komputer merupakan syarat utama.
  • Web Based Training (WBT) akan memberikan hasil yang optimal apabila dikombinasikan dengan buku, video dan diskusi-diskusi di kelas.
t. Media Internet
 
Kelebihan Internet
  • Memungkinkan akses informasi ke banyak nara sumber.
  • Hampir semua tema dapat diperoleh dari Net.
  • Bisa menjelajah dunia dari rumah, sekolah, kampus, kantor dan perusahaan.
  • Adanya fasilitas untuk berinteraksi dengan orang lain dari seluruh penjuru dunia yang tertarik pada tema yang sama.
  • Merupakan komunikasi dua arah, tanya jawab, mengobrol, membuat web sendiri, mengirim berita ke mana saja.
Kelemahan Internet
  • Biayanya mahal, karena untuk mengoperasikannya membutuhkan kelengkapan seperti komputer, modern ISP (Internet Service Provider), dan saluran telepon. Namun demikian kalau kita tidak memiliki perangkat tersebut kita bisa datang ke perpustakaan-perpustakaan atau ke tempat penyewaan internet;
  • Diperlukan kemampuan mengoperasikan komputer, juga kemampuan memilih dari sejumlah pilihan yang semuanya kelihatan menarik bagi kita;
  • Dibutuhkan ketelitian terhadap informasi yang ada, periksa kebenarannya, sebab tidak semua informasi selalu benar atau baik untuk kita.
Operasikan Internet
  • Sebaiknya kita tetapkan dulu hal-hal yang ingin kita cari, sebelum kita mengoperasikan internet, kecuali kalau memang mempunyai waktu untuk untuk mengadakan penjelajahan.
  • Untuk penggemar/pengguna internet pemula, agar mendapatkan pengalaman awal, lakukanlah penjelajahan terhadap sesuatu yang bersifat hiburan atau yang menarik motivasi agar semakin mencintai internet.
  • Bertanyalah terlebih dahulu kepada instruktur sebelum mulai membaca, agar tidak terjadi kekeliruan.
  • Belilah buku tentang hal tersebut.
 
 


 


No comments:

Post a Comment