Monday, May 6, 2013

Teknik Menggunakan Media Pembelajaran


 TEKNIK MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN

A.  Teknik Penggunaan Media Pembelajaran
Penggunaan media berdasarkan tempat:


  1. Penggunaan media di kelas 

     2.  Penggunaan media di luar kelas

a.          Penggunaan media tidak terprogram
  • Penggunaan kaset pelajaran bahasa inggris
 
  • Penggunaan siaran radio untuk pendidikan
 
b.          Penggunaan media secara terprogram
  • Penggunaan radio di SLTP terbuka
  • Penggunaan E-learning di beberapa sekolah di Indonesia
c.          Variasi penggunaan media
  • Media dapat digunakan secara perorangan
 
  • Media dapat digunakan secara berkelompok
 
  • Media dapat digunakan secara masal

B.  Penggunaan Media Grafis
1.     Bagan



Bagan adalah kombinasi media grafis, gambar dan fotoyang dirancang untuk memvisualisasikan secara logis dan teratur tentang pokok bahasan/ ide. Kegunaan bagan adalah untuk menunjukan hubungan, keterkaitan, dan proses tertentu.
a.     Jenis-jenis bagan
  • Bagan pohon: visualisasinya menggambarkan proses dari bawah menuju ke atas (akar ke batang)
  • Bagan alir: menunjukan bagaimana unsur penting dikombinasikan hingga membentuk satu produk
  • Bagan arus: mempertunjukan fungsi, hubungan dan proses
  • Bagan tabel: penyajian data dalam bentuk tabel
b.     Cara menggunakan bagan dalam pembelajaran
  • Pemilihan jenis bagan
  • Mempersiapkan ruang kelas
  • Mempersiapkan siswa
  • Mempersiapkan pertanyaan dan penugasan yang mengaktifkan siswa
  • Penggunaan bagan saat pembelajaran langsung

2.     Grafik


Grafik dapat diartikan sebagai media yang mempresentasikan data dalam bentuk angka. Tujuan pembuatan grafik adalah menunjukan perbandingan, informasi kualitatif dengan cepat dan sederhana.
a.     Jenis-jenis grafik
  • Grafik garis: melukiskan kecenderungan atau menghubungkan dua ringkasan data
  • Grafik batang: panjangnya melambangkan prosentase data dan lebarnya berukuran sama
  • Grafik lingkaran: visualisasi yang dibuat dalam bentuk lingkaran
b.     Penggunaan grafik dalam pembelajaran
Grafik divisualisasikan dengan bantuan objek berbentuk garis, batang dan gambar. Menampilkan pesan dalam bentuk seperti ini akan lebih mudah dipahami oleh siswa. Grafik paling baik digunakan dalam pembelajaran adalah berupa ringkasan pelajaran setelah siswa memperoleh informasi lain dari berbagai sumber.

3.     Komik


Komik dapat didefenisikan sebagai bentuk kartun yang mengungkapkan karakter dan menerapkan suatu cerita dalam urutan yang erat hubungannya dengan gambar yang dirancang untuk member hiburan pada pembaca. Karena kesukaan masyarakat pada komik terutama anak-anak maka itu menjadi inspirasi untuk membuat komik pendidikan. Anak yang gemar membaca komik minimal satu buku per bulan, sama halnya dengan membaca satu buku pelajaran dalam setiap tahunnya.
Kelebihan komik adalah penyajiannya yang mengandung unsure visual dan cerita yang kuat. Komik pelajaran diharapkan dapt meningkatkan minat belajar siswa sehingga akhirnya mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

4.     Poster



Poster mampu mempengaruhi perilaku, sikap dan tata nilai masyarakat untuk berubah atau melakukan sesuatu karena kekuatan poster adalah lebih ditonjolkannya kekuatan visual dan warna.

Kegunaan poster:
  • Memotivasi siswa
  • Peringatan terhadap suatu hal
  • Pengalaman kreatif (membuat karangan atau mencari ide dari poster yang dipajang)

Penggunaan poster dalam pembelajaran:
  • Sebagai bagian dari kegiatan belajar mengajar
  • Digunakan diluar jam pelajaran yang bertujuan memotivasi siswa, sebagai peringatan dan ajakan untuk melakukan sesuatu yang positif

C.  Penggunaan Media Elektronik
1.     OHP
2.     Media audio
3.     Multimedia projector

 
 

No comments:

Post a Comment