Monday, May 6, 2013

Pemanfaatan Media Audio dan Radio Untuk Pembelajaran


PEMANFAATAN MEDIA AUDIO DAN RADIO UNTUK PEMBELAJARAN

A.     Pengertian
Audio maupun radio dua-duanya merupakan media pembelajaran berbasis visual atau bunyi. Audio berasal dari kata audible yang artinya suara yang dapat didengar wajar oleh manusia (20 Hz-20.000Hz). Audio digunakan menjadi media pembelajaran ketika suara yang direkam disimpan memakai alat perekam kemudian diperdengarkan kembali pada peserta didik.
Keterkaitan media radio adalah jangkauannya yang luas meliputi pelosok tanah air. Harga media radio pun lebih murah namun radio adalah media komunikasi searah sehingga ketika ada yang kurang jelas, para pendengar tak dapat bertanya langsung.
Saat ini teknologi berkembang pesat dan radio pun data dinikmati dari internet yang diistilahkan radio streaming. Radio streaming dapat diakses di seluruh dunia dengan syarat harus memiliki komputer.

B.     Model Pemanfaatan Media Audio Untuk Pembelajaran
1.      Terintegrasi dengan media cetak (buku/ modul)
2.      Pemanfaatannya diintegrasikan dengan media cetak
3.    Pengintegrasiannya bias murni dan semi. Murni maksudnya antara audio dan cetak saling melengkapi satu sama lain dan tidak dapat dipakai secara masing-masing. Semi masih memungkinkan penggunaan salah satu dari audio atau media cetak
4.      Untuk pengintegrasian murni, mayoritas materi ada di radio
5.      Materi yang ada di audio biasanya membaca wacana

MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF



A.     Pengertian
Multimedia terbagi jadi multimedia linier dan multimedia interaktif. Multimedia linier adalah multimedia yang tidak dilengkapi alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan pengguna contohnya tv dan film. Multimedia interaktif telah dilengkapi alat pengontrol yang dapat digunakan pengguna contohnya game, pembelajaran interaktif, dll.
Pembelajaran diartikan sebagai proses penciptaan lingkungan sehingga mendukung terjadinya proses belajar. Multimedia pembelajaran dapat diartikan sebagai aplikasi media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

B.     Manfaat Multimedia Pembelajaran
1.      Memperbesar benda yang tak kasat mata sehingga mudah diamati
2.      Memperkecil benda yang sangat besar
3.      Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks
4.      Menyajikan peristiwa yang jauh
5.      Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya
6.      Meningkatkan daya tarik sehingga menambah minat belajar siswa

C.     Karakteristik Media Dalam Multimedia Pembelajaran
1.      Menggabungkan audio dan visual
2.      Bersifat interaktif
3.      Dapat digunakan tanpa bantuan orang lain
4.      Mampu memperkuat respon pengguna
5.      Member keluluasaan pada siswa untuk mengontrol kecepatan belajarnya
6.      Siswa dapat mengikuti suatu urutan yang jelas
 
D.     Format Multimedia Pembelajaran
1.      Tutorial
2.      Simulasi
3.      Drill & practice
4.      Eksperimen
5.      Permainan

E.     Kualitas Pembelajaran
Kualitas dapat dimaknai dengan peningkatan mutu dan efektifitas. Secara defenitif, efektifitas diartikan sebagai tingkat keberhasilan untuk mencapai tujuan (Etzioni, 1964).

Aspek-aspek dalam efektifitas belajar:
1.      Peningkatan pengetahuan
2.      Peningkatan keterampilan
3.      Perubahan sikap
4.      Perubahan perilaku
5.      Kemampuan adaptasi
6.      Peningkatan intergrasi
7.      Peningkatan pertisipasi
8.      Peningkatan interaksi cultural

F.     Dampak Multimedia Pembelajaran Interaktif
1.      Belajar bersifat aktif, kolaboratif dan terkondisi dalam konteks dunia yang riil
2.      Punya tiga lingkungan belajar yaitu lingkungan belajar preskriptif, demokratis dan sibernetik
3.      Pembuatan desain pembelajaran multimedia dibuat berdasarkan besar kecilnya control siswa atas pembelajarannya
4.      Berkaitan dengan umpan balik
5.      Multimedia seolah-olah bersifat isolative tapi dapat diatasi dengan beberapa cara sehingga siswa punya kontak yang baik dengan anggota kelompok lainnya

G.     Peningkatan Kualitas Pembelajaran
Perbaikan kualitas pendidikandiarahkan pada peningkatan kualitas proses pembelajaran, pengadaan buku bacaan serta alat-alat pembelajaran.

Manfaat perkembangan pembelajaran multimedia:
1.      Solusi dalam peningkatan kualitas pembelajaran
2.      Memudahkan proses pembelajaran
3.      Menggantikan ataupun melengkapi pembelajaran konvensional

No comments:

Post a Comment